Pada tanggal 24 Agustus 2010, tepat pukul 18.00 WIB, KeSEMaT kembali berinovasi untuk mempopulerkan kampanye mangrovenya ke masyarakat Indonesia dan dunia, dengan kembali membangun jaringan afiliasi mangrovenya, yaitu KeSEMaTOKO.

KeSEMaTOKO adalah tempat belanja suvenir mangrove khas KeSEMaT, yang sengaja diluncurkan dengan tujuan untuk memenuhi banyaknya permintaan dari masyarakat luas, yang menginginkan adanya sebuah platform khusus, dimana mereka dapat dengan cepat dan mudah mendapatkan suvenir-suvenir mangrove tersebut.

Sejarah
Peluncuran KeSEMaTOKO, yang diawali dengan penjualan koleksi kaos mangrove KeSEMaT ini, berarti juga akan memberikan kesempatan kepada masyarakat Indonesia dan dunia yang berniat memberikan donasinya kepada mangrove, sekaligus yang berkeinginan untuk turut serta bersama-sama dengan KeSEMaT, didalam menjaga kelestarian ekosistem mangrovenya, karena hasil dari penjualannya, 10% akan didonasikan untuk membiayai program konservasi, penelitian, pendidikan, kampanye dan dokumentasi mangrove KeSEMaT, demi menjaga kelestarian ekosistem mangrove di bumi.

Untuk sementara, karena masih dalam taraf “pembangunan”, saat itu koleksi yang dihadirkan di KeSEMaTOKO hanyalah kaos, batik, jajanan, lettering dan gelang mangrove saja. Namun demikian, seiring dengan berjalannya waktu, KeSEMaT terus menambahkan koleksi suvenir mangrovenya yang lain, seperti pin, mug, stiker, topi, gantungan kunci, kalender dan lain-lain.

Perkembangan
Saat ini, KeSEMaTOKO terus mengembangkan produk mangrove yang bertujuan untuk mengkampanyekan pelestarian mangrove ke ruang lingkup yang lebih luas. Usaha ini tetap berpegang teguh pada konservasi mangrove sehingga tidak mengeksploitasi mangrove, namun mengkampanyekan usaha penyelamatannya.

KeSEMaTOKO yang berpusat di Kantor KeSEMaT ini, sekaligus berperan sebagai wadah fundraising KeSEMaT yang berfungsi sebagai penyokong dana bagi pembiayaan program kerja KeSEMaT, baik internal, eksternal, maupun insidental.

KeSEMaTOKO juga menjadi ajang mengasah kemampuan bagi para KeSEMaTER dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan sosialnya, karena KeSEMaTOKO dikelola langsung oleh departemen KeSEMaT, yaitu Departemen Wirausaha.

Bagi Anda yang berminat membeli produk-produk mangrove KeSEMaTOKO, dapat berbelanja langsung melalui menu SHOP pada website ini.

Saat ini, KeSEMaTOKO bekerja sama dengan salah satu afiliasi mangrove KeSEMaT yang fokus pada jual beli daring produk-produk mangrove, yaitu KeMANGI. Kerja sama ini meliputi produksi dan pengadaan barang, bantuan penjualan, studi tentang wirausaha sosial dan lain-lain. (ADM).