KeSEMaTUSTIK adalah sebuah komunitas band mangrove besutan KeSEMaT yang memiliki genre musik pop-akustik-bernafaskan lingkungan pesisir, terutama mangrove. KeSEMaTUSTIK dibentuk untuk menyuarakan lagu-lagu berlirik mangrove, yang sampai saat ini, belum pernah ada apalagi diperdengarkan ke dunia.

KeSEMaTUSTIK adalah grup-band-mangrove pertama di dunia dan berkonsep donasi. Artinya, setiap keuntungan yang didapatkan dari hasil manggung KeSEMaTUSTIK, akan didonasikan 10% untuk membiayai program-program mangrove yang diadakan oleh KeSEMaT.

Sejarah
KeSEMaTUSTIK, komunitas band mangrove besutan KeSEMaT yang mulai mengawali gebrakan debut pertamanya dengan tampil perdana dihadapan ratusan Peserta dan Panitia MANGROVE CULTIVATION (MC) 2010 dari seluruh Indonesia, pada tanggal 8 Mei 2010 di Ruang Teater Kampus Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro, Teluk Awur, Jepara.

KeSEMaTUSTIK formasi awal, digawangi oleh tiga orang KeSEMaTER dan seorang mahasiswa Jurusan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro, yaitu Sdr. Yuniar Andri Sulistyanto (Vokal), Sdr. Tangguh Gilang P. W. (Bass), Sdr. Niharul Annas (Akustik) dan Sdr. Puji Wiratmo (Gitar), yang tampil memukau memainkan lagu Nidji berjudul Laskar Pelangi dan beberapa buah lagu cinta lingkungan bertema universal, lainnya.

Tampil sebagai band pembuka sebelum Seminar Nasional (SEMNAS) MC 2010 yang bertema “Mangrove for Ecotourism”, KeSEMaTUSTIK, nyatanya berhasil mencuri perhatian dari para Peserta SEMNAS 2010.

Tepuk tangan bertubi yang diberikan oleh para Peserta MC 2010, seakan menjadi bukti bahwa KeSEMaTUSTIK benar-benar tampil memukau di hari kedua pelaksanaan MC 2010 yang berlangsung sukses dan meriah, itu. Genre musik KeSEMaTUSTIK adalah pop dengan lirik kampanye dan penyelamatan mangrove.

Perkembangan
Mulai tahun 2011, personel KeSEMaTUSTIK mengalami perubahan, yaitu Sdr. Andr : Vokal, Sdri. Riana: Vokal, Sdr. Arul: Perkusi, Sdr. Fakih: Rhytm, Sdr. Rohmat: Gitar, Sdr. Gilang: Bass dan Sdri. Inez: Biola.

Pada tahun 2012, KeSEMaTUSTIK mengeluarkan single pertamanya dengan judul Mangrove Hidup Kita, dengan formasi Sdri. Riana, Sdr. Reza, Sdri. Vera dan Sdr. Yuli: Vokal, Sdr. Rohmat, Sdr. Amrul, Sdr. Arul dan Sdr. Gilang : Gitar, Sdr. Yudi: Drum dan Sdr. Inez: Biola.

Pada tahun 2013, formasi KeSEMaTUSTIK adalah Sdr. Reza dan Sdr. Riana : Vokal dan Sdr. Rohmat: Gitar, Arranger dan Composer.

Pada tahun 2015, formasi KeSEMaTUSTIK berganti menjadi Sdr. Alve (Vokal dan Gitar), Sdr. Ardyan (Vokal dan Gitar), Sdri. Tania (Vokal) dan Sdri. Sita (Vokal).

Kedepan, sebagai komunitas, KeSEMaTUSTIK akan terus berubah personelnya dan diharapkan bisa terus menyuarakan lagu-lagu cinta mangrove, sebagai salah satu ajang kampanye mangrove KeSEMaT melalui media lagu, yang tentunya sangat strategis untuk dilakukan demi menjangkau komunitas yang lebih luas, lagi. (RK).