Our Products with Alumni
Berbagai produk merek barang dan jasa mangrove, kami kelola bersama dengan alumni dan warga binaan kami, dalam naungan kami, juga badan hukum perusahaan kami, yaitu KeMANGI dan IKAMaT, yang beberapa diantaranya tertera di bawah ini:
1. Mas Jamang
Mas Jamang adalah produk kami untuk mengkampanyekan pentingnya fungsi dan manfaat buah-buahan mangrove, yang ternyata bisa dibuat tepung, kemudian diolah menjadi berbagai variasi makanan dan minuman lezat.
Bersama salah satu CSR perusahaan di Semarang, kami membina kelompok warga binaan pengolah buah-buahan mangrove menjadi tepung di Mangkang Wetan, Semarang, yang dipasarkan sebagai sebuah produk kerupuk, bolu, stik, dan lain-lain.
Mas Jamang kami pasarkan melalui media daring dan luring yang saat ini sudah dikenal di Semarang, bahkan nasional dan internasional di beberapa negara di Asia Pasifik.
2. Batik Bakau
Limbah buah mangrove, dalam hal ini adalah jenis mangrove Rhizophora spp, ternyata memiliki kandungan pewarna batik berwarna coklat yang indah. Warnanya yang alami, menjadi komoditas yang baik, saat kami kembangkan menjadi sebuah produk dengan label Batik Bakau.
Bekerja sama dengan CSR perusahaan di Jakarta, kami membina satu kelompok pengrajin batik mangrove di Mangkang Wetano, Semarang untuk membatik dengan konsep batik mangrove alami ber-tagline The Heritage of Natural Colour.
Kami memasarkan Batik Bakau secara daring dan luring ke berbagai kalangan masyarakat, tak hanya di dalam negeri saja, tapi juga ke luar negeri. Berbagai pameran batik berskala nasional dan internasional juga telah kami ikuti, untuk mengkampanyekan betapa berharganya ekosistem mangrove bagi kehidupan manusia di bumi.
3. Mangrove Map
Mangrove Map merupakan label kami dalam bidang jasa pembuatan peta mangrove, dengan tujuan untuk melayani masyarakat yang membutuhkan produk dan jasa pelatihan peta mangrove. Kami mencoba mengkampanyekan mangrove melalui jasa konsultasi peta mangrove ke kalangan konsultan dan komunitas di sekitarnya.
Mangrove Map juga menjadi pembicara dan aktif di forum-forum diskusi mengenai pemetaan mangrove. Tak hanya membuka jasa konsultasi pembuatan peta mangrove saja, tim kami juga berkeliling Indonesia untuk melakukan ground check data analisis vegetasi dan struktur komunitas mangrove, juga memberikan edukasi secara gratis dan berbayar kepada pelajar dan mahasiswa untuk memperkenalkan pengetahuan pemetaan mangrove kepada generasi muda Indonesia.
4. Kuslar Kreatif
Dalam bidang desain dan produksi film, kami juga membuat label bernama Kuslar Kreatif, dengan tujuan untuk mengkampanyekan mangrove ke kalangan desainer dan pembuat film serta komunitas sejenisnya.
Memfokuskan jasanya pada dokumentasi obyek mangrove, pesisir dan lautan, Kuslar Kreatif menjadi “langganan” para stake holder lingkungan dan mangrove di dalam dan luar negeri, dan telah menghasilkan banyak karya dokumentasi pesisir.
Klien Kuslar Kreatif yang luas, yang terdiri dari instansi mangrove dan lingkungan di tingkat lokal, nasional dan internasional di jaringan afiliasi mangrove kami, membuat kampanye penyelamatan mangrove kami semakin efektif.
5. MANGROVEMAGZ
Dalam dunia jurnalistik, kami juga menciptakan label MANGROVEMAGZ, yaitu Majalah Mangrove pertama di Indonesia (baik daring dan luring) berjargon Majalah Mangrover Indonesia. MANGROVEMAGZ memiliki tagline: Knowledge, Adventure, Inspiration and Motivation (Pengetahuan, Petualangan, Inspirasi dan Motivasi).
Kami menciptakan MANGROVEMAGZ dengan tujuan untuk mengkampanyekan keindahan mangrove, serunya aksi mangroving dan inspiratifnya aktivitas para mangrover, tak hanya di Indonesia saja, tapi juga di seluruh dunia.
Pangsa pasar MANGROVEMAGZ adalah remaja sampai dewasa, dengan rentang usia 17 sampai dengan 40 tahun. Hal ini membuat aksi kampanye mangrove kami semakin efektif, dimana dapat menjangkau segmentasi pembaca yang cukup lebar.
6. KeSEMaT Nursery
Bekerja sama dengan para petani mangrove dengan cara membantu mereka dalam memasarkan produk bibit mangrovenya, juga kami lakukan dengan tujuan untuk mengkampanyekan fungsi dan manfaat mangrove kepada warga pesisir.
Tak hanya itu, dengan pola kemitraan bersama petani, khususnya di Pantai Utara Jawa, kami juga berkampanye ke konsumen, yaitu kalangan dinas pemerintahan dan LSM lingkungan yang terkait dengan pengelolaan rehabilitasi ekosistem mangrove di pesisir.
Konsumen KeSEMaT Nursery yang menjangkau hampir semua stake holder mangrove di Jawa bahkan luar Jawa, semakin memudahkan kami dalam mengoptimalkan kampanye pelestarian mangrove demi masa depan yang lebih baik.
7. KeSEMaTour
Kami menciptakan brand KeSEMaTour, karena kami melihat fenomena mangroving mulai menggejala di kalangan anak muda di Indonesia, dimana ekowisata mangrove menjadi pilihan utama beberapa komunitas bahkan institusi, dalam mengisi hari libur mereka.
Dengan harapan menjangkau “pangsa pasar” yang lebih luas, yaitu kalangan anak muda pecinta petualangan, KeSEMaTour menawarkan paket-paket wisata yang menarik, hanya khusus ke titik-titik kawasan hutan mangrove yang ada di Indonesia, khususnya di Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah.
Klien kami sangat beragam, mulai dari pelajar, mahasiswa, LSM, dinas pemerintahan dari daerah hingga pusat, juga masyarakat umum, yang penasaran menikmati keindahan hutan mangrove yang saat ini mulai gencar dipromosikan oleh pemerintah kita, sebagai salah satu kawasan eduekowisata wajib kunjung.
Dengan adanya KeSEMaTour, tentu saja kami berharap peogram kampanye mangrove kami dapat lebih berjalan optimal, dimana mampu menjangkau masyarakat luas di seluruh Indonesia, bahkan beberapa negara mitra kerja kami di luar negeri.
8. Mangrove Training
Kami mengumpulkan segala bentuk pelatihan mangrove kedalam satu brand, yaitu Mangrove Training. Mangrove Training menyediakan jasa pelatihan analisis vegetasi mangrove, pelatihan pembuatan batik mangrove, training memasak jajanan mangrove, teknik membuat peta mangrove, dan lain sebagainya.
Konsumen Mangrove Training sangat beragam, mulai mahasiswa sampai dengan instansi terkait dari pusat hingga daerah dan LSM serta organisasi lingkungan lainnya. Dengan adanya Mangrove Training ini, kampanye mangrove kami terasa semakin luas, dan makin maksimal.
9. mangrover
Kami juga mengkampanyekan mangrove dengan memasarkan kaos dan merchandise lainnya bertema mangrove. Berlabel mangrover, kaos kami sudah terjual ke seluruh Indonesia dan beberapa negara di Asia Pasifik.
Produk-produk mangrover tak hanya dinikmati oleh masyarakat yang peduli mangrove saja, melainkan semua kalangan yang menyukai desain kaos yang sedang hitz, dengan kemasan apik ditambah desain terkini.
Melalui mangrover, kampanye mangrove kami akan mudah dan tetap diingat, karena tulisan seperti Save Mangrove Indonesia, We Are Mangrover, Keep Calm and Save Mangrove dan lain-lain akan cepat dilihat di kaos sang Pemakai, sehingga kampanye penyelamatan mangrove kami makin cepat dan tepat sasaran ke masyarakat umum.
10. Kendler
Kendler singkatan dari Kendi Mbeler. Konsep Kendler kami ciptakan sebagai sebuah Mangrover Gear, yaitu alat pendamping seorang Mangrover pada saat mangroving di lapangan. Kendler aman dan ramah lingkungan, karena terbuat dari seratus persen tanah liat.
Kendler bisa dipasang di pinggang, juga bisa dibawa dalam tas, dan digunakan pada saat mengambil air minum, setelah selesai melakukan penanaman mangrove. Kendler kami pasarkan secara daring dan luring di website perusahaan mangrove kami, yaitu KeMANGI dan kami bagikan secara gratis di event-event tertentu.
Pemasaran Kendler tak hanya ke kalangan mangrover saja, tetapi juga kepada pecinta barang antik, karena bentuk Kendler memang kami desain unik, yaitu bukan seperti kendi yang mempunyai “moncong” di samping sebagai tempat minumnya, melainkan air minum diminum langsung lewat atas kendi.
Keberadaan Kendler membuat kampanye mangrove kami semakin luas saja, karena selain konsumen Kendler sangat beragam, juga melibatkan para pengrajin kendi di Semarang dan Jepara, yang notabene di kesehariannya belum banyak mengetahui mengenai ekosistem mangrove. Kendler membuat mereka semua menjadi mengenal mangrove.
11. GROVENIR
Selain mangrover, kami juga menciptakan brand lainnya, yaitu GROVENIR. Singkatan dari Mangrove Souvenir, GROVENIR dikonsep sebagai merchandise khusus bertema mangrove. Kami memproduksi gantungan kunci, tempat pensil, tempat vas bunga, dan lain-lain bermotif flora dan fauna mangrove serta berbagai hal yang berhubungan dengan itu dari kain flanel.
GROVENIR juga kami pasarkan secara daring dan luring, menjangkau konsumen di seluruh Indonesia, terutama kaum perempuan, yaitu para pecinta suvenir unik, juga pecinta suvenir dari kain flanel.
Dengan melibatkan para pengrajin di Semarang dan sekitarnya dalam memproduksi GROVENIR, kami berupaya mengenalkan pentingnya mangrove bagi kehidupan di bumi. Walaupun mereka tak terkena langsung dengan dampak abrasi pantai, sehubungan dengan lokasi tempat tinggal mereka yang jauh dari pesisir pantai, yaitu di daerah perkotaan, namun kami mengajarkan bahwa udara bersih yang mereka hirup, salah satunya adalah jasa mangrove dalam menyerap CO2 dan meredam efek rumah kaca.
12. Mangrove Webs
Kami juga mengkampanyekan mangrove kepada komunitas IT, dengan cara menciptakan jasa media support, pelatihan dan pembuatan website dan hosting khusus mangrove dan pesisir. Kami membentuk Mangrove Webs, yang salah satu produknya adalah Berita Mangrove.
Mangrove Webs, selain menawarkan produk websitenya berbasis WordPress, Joomla, Blogger, dan lainnya, juga memberikan jasa pelatihan pembuatan website dan pengelolaannya kepada dinas pemerintahan, LSM, dan berbagai instansi lainnya.
Kampanye mangrove kami di komunitas IT ini, kami harapkan dapat lebih menjangkau komunitas yang lebih luas, mengingat mangrove masih belum banyak dipahami di berbagai level masyarakat.
13. Berita Mangrove
Berita Mangrove adalah bagian dari Mangrove Webs yang memfokuskan diri pada media support, merupakan sebuah situs yang menggabungkan semua berita mangrove di media sosial dari seluruh dunia, terkhusus dari Indonesia.
Berita Mangrove memiliki lima afiliasi akun Twitter, yaitu Aksi Mangrove, Info Mangrove, Unik Mangrove, Event Mangrove, Opini Mangrove dan lain-lain yang semuanya memberitakan pelayanan berupa berita mangrove terlengkap kepada netizen dan semua mangrover di Indonesia bahkan dunia.
Sebagai informasi, beberapa merek di atas berjalan dinamis. Seiring dengan perkembangan zaman, maka beberapa merek ada yang masih aktif, tidak aktif dan lainnya kami gabungkan dengan konsep baru. (ADM).