Perpustakaan KeSEMaT memiliki koleksi buku, skripsi, cerpen, novel, jurnal penelitian, Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan lain-lain.

Koleksi perpustakaan didominasi oleh buku-buku mangrove, mulai dari buku identifikasi, pembibitan, penanaman, karbon, pemberdayaan masyarakat, kebijakan, keanekaragaman hayati, ekowisata, wirausaha, valuasi ekonomi, produk dan wirausaha, morfometri, drone, serasah, herbivori, flora, fauna, ekologi, analisis vegetasi, monitoring dan evaluasi, pemetaan, dan lain-lain.

Tersedia buku-buku dasar pemahaman mangrove yang wajib dibaca, seperti teknik identifikasi mangrove, teknik pembibitan mangrove, teknik penanaman mangrove, teknik penyulaman mangrove, teknik monitoring dan evaluasi mangrove, dan lain-lain. Buku-buku berasal dari dalam dan luar negeri yang tentunya sangat berguna bagi Anda yang ingin belajar banyak mengenai mangrove apalagi berencana melakukan penelitian tentangnya.

Koleksi tidak dipinjamkan, hanya boleh diperbanyak (foto copy) dengan batas waktu tertentu dan atau dibaca di tempat. Perpustakaan KeSEMaT berlokasi di Kantor KeSEMaT, Semarang.

Perpustakaan KeSEMaT dikelola oleh Departemen Perpustakaan KeSEMaT (DEPUSMAT) yang memiliki beberapa program pengembangan perpustakaan khusus mangrove, dengan menambah koleksinya setiap tahun dan berbagai program kampanye mangrove dengan buku-buku mangrove yang terdapat di Perpustakaan KeSEMaT, dengan tujuan untuk memberikan edukasi mangrove yang baik kepada masyarakat, sekaligus mempopulerkannya.

Terdapat ratusan buku mangrove di Perpustakaan KeSEMaT yang dapat dijadikan rujukan dan pegangan yang di KeSEMaT sendiri dibedah dalam program Klub Buku KeSEMaT (KBK) setiap bulan. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi peningkatan literasi dan implementasi proyek-proyek mangrove kami di pesisir Indonesia agar dapat berjalan lebih optimal dan tepat sasaran.

Salah satu koleksi Perpustakaan KeSEMaT adalah sebuah buku yang memaparkan ekosistem mangrove di lahan gambut, lengkap dengan permasalahan yang terjadi di dalamnya dan solusi pemecahannya, serta contoh kegiatan pemberdayaan masyarakat yang inspiratif.

Apabila Anda tertarik untuk membaca dan mengetahui lebih detail mengenai koleksi tersebut, kami persilakan untuk datang langsung ke kantor kami. (ADM).