Program kerja KeSEMaT terdiri dari program kerja internal, eksternal dan insidental yang merujuk kepada motto KeSEMaT, yaitu konservasi, penelitian, pendidikan, kampanye dan dokumentasi mangrove.

Program kerja internal dikhususkan untuk memberikan bekal kepada para KeSEMaTER untuk memahami mangrove dengan lebih baik.

Sementara itu, program kerja eksternal bertujuan untuk melibatkan masyarakat umum, dalam rangka turut serta bersama kami, menyelamatkan ekosistem mangrove di Indonesia bahkan dunia.

Program kerja insidental merupakan program kerja sama antara KeSEMaT dengan CSR perusahaan, swasta dan dinas terkait untuk mengimplementasikan program di satu lokasi tertentu dalam satu periode tertentu.

Ketiga program kerja KeSEMaT disusun sebagai salah satu upaya kami untuk turut serta bersama pemerintah, swasta dan semua pihak terkait pengelolaan ekosistem mangrove di Indonesia dalam membangun kembali mangrove di Indonesia, demi masa depan yang lebih baik.

Beberapa program kerja internal dan eksternal KeSEMaT, diantaranya adalah KeSEMaTHUNT KeSEMaTOUR (KHKT), Diklat Mangrove (DIKROVE), Diklat Kabinet (DIKNET), KeSEMaTHURSDAY (KTD), KeSEMaT Goes To Arboretum (KGTA), KeSEMaTRESES (KR), KeSEMaTEVALUATION (KE), Mangrove Restoration (MANGRES), KeSEMaTINAUGURATION (KI), KeSEMaT Goes To School (KGTS), Mangrove Cultivation (MC), Mangrove Training (MT), Mangrove REpLaNT (MR), KeSEMaTCOMPETITION (KC), KeSEMaTBIRTHDAY (KB), Rapat Anggota Tahunan (RAT), Pemilihan Presiden (PILPRES) dan Serah Terima Jabatan (SERTIJAB).

Program kerja insidental KeSEMaT, diantaranya adalah Mangrove Documentation (MD), Mangrove Movie (MM), KeSEMaTVACATION (KV), Sarasehan Akbar Mangrove (SAM), KeSEMaTFAIR (KF), Klub Selasa Malam (KSM), Mangrovest, Mangroviesta, Mangrover Cilik (MANGCIL), Mangrove Conservation (MANGCON), Mangrove Music Charity (MMC) dan berbagai program pemberdayaan masyarakat  dengan CSR perusahaan yang bersifat breakthrough dan dinamis.

Berikut adalah deskripsi dari beberapa program kerja di atas:

1. KHKT
Merupakan kegiatan recruitment anggota baru yang dilakukan di awal kepengurusan. Kegiatan ini meliputi beberapa tahapan, yakni pendaftaran, tes tertulis dan wawancara, pembekalan, DIKROVE I, Ujian DIKROVE I, KeSEMaTOUR dan pelantikan bersama.

2. DIKROVE
Kegiatan Diklat Mangrove adalah kegiatan pemberian ilmu mangrove kepada anggota KeSEMaT. DIKROVE dilaksanakan dua kali dalam satu kepengurusan, DIKROVE I, yakni pada KHKT dan DIKROVE II menjelang akhir kepengurusan dengan tujuan setelah menjabat selama satu tahun, ilmu mangrove yang dimiliki semakin matang.

3. KGTA
KGTA dilaksanakan lima kali dalam satu kepengurusan. KGTA lebih kepada kegiatan monitoring dan evaluasi terhadap ekosistem mangrove yang menjadi lingkup kerja KeSEMaT, khususnya di Mangrove Education Center of KeSEMaT (MECOK).

4. KI
Kegiatan syukuran dan pelantikan kabinet baru setelah sebelumnya diselenggarakan pelantikan lapangan sekaligus memperkenalkan kabinet baru. Kegiatan ini turut mengundang alumni, mitra kerja dan kolega KeSEMaT.

5. KF
KF dilaksanakan sebagai salah satu cara meningkatkan eksistensi KeSEMaT dengan cara menampilkan dan menginformasikan hasil karya dan prestasi KeSEMaT, salah satunya pada kegiatan Open House UPK dalam Penerimaan Mahasiswa Baru.

6. MANGRES
MANGRES identik dengan kegiatan kampanye mangrove yang melibatkan masyarakat umum dalam berbagai kalangan. Diharapkan dengan adanya MANGRES, akan semakin banyak masyarakat yang peduli dengan ekosistem mangrove, khususnya di Indonesia.

7. KGTC
Dalam kegiatan KGTC, anggota KeSEMaT akan meyambangi berbagai komunitas dan institusi dengan bidang yang berbeda satu sama lain. Tujuan kegiatan ini adalah agar KeSEMaTER dapat saling bertukar informasi dan ilmu dengan instansi lain. KGTC juga sebagai ajang kerja sama KeSEMaT dalam mengerjakan proyek rehabilitasi mangrovenya dengan mitra kerjanya.

8. MT
MT merupakan kegiatan pelatihan bagi KeSEMaTER dengan materi sesuai dengan silabus yang telah disusun oleh Departemen Pendidikan dan Penelitian (DEPDIKTAN). Diharapkan dengan adanya MT ini, KeSEMaTER memiliki ilmu dalam berbagai bidang, seperti public speaking, ekstraksi dan lain sebagainya.

9. KT
KT merupakan kegiatan belajar bersama KeSEMaTER dengan tema yang berbeda setiap minggunya. Sesuai dengan namanya, KT dilaksanakan seminggu sekali pada hari kamis. Dengan kegiatan ini diharapkan antar KeSEMaTER maupun alumni dapat berbagi pengalaman dan ilmu.

10. KE
Merupakan kegiatan evaluasi internal KeSEMaT, dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja kabinet. Dilakukan tiga kali dalam satu kepengurusan.

11. MC
Merupakan kegiatan seminar nasional yang mengarah kepada pembibitan mangrove. Pembibitan pada MC ini dipersiapkan untuk MR.

12. KR
Kegiatan berlibur sejenak bagi KeSEMaTER di tengah tahun, yang bertujuan agar KeSEMaTER dapat beristirahat dari rutinitasnya bekerja dan berkarya untuk penyelamatan mangrove dunia.

13. KGTS
Dalam kegiatan KGTS ini, KeSEMaT memberikan pengajaran kepada siswa/i di Semarang dan sekitarnya mengenai pentingnya mangrove. Diharapkan melalui kegiatan ini, akan menambah wawasan mereka mengenai mangrove dan dapat mengimplementasikan ilmu mangrovenya secara langsung ke sekolah-sekolah.

14. MR
Kegiatan penanaman mangrove yang diikuti dengan seminar nasional dan berbagai pelatihan serta talk show menarik. Dengan dilakukannya penanaman mangrove kembali, maka diharapkan dapat semakin menghijaukan pesisir Indonesia.

15. KC
Merupakan kegiatan kompetisi cipta karya yang masih berhubungan dengan mangrove yang dibuka untuk umum. Diharapkan dengan kegiatan ini akan memacu kreativitas anak muda di Indonesia dalam menyelamatkan mangrovenya.

16. KB
KB adalah kegiatan syukuran ulang tahun KeSEMaT.

17. KV
Kegiatan liburan di akhir tahun bagi KeSEMaTER setelah selama satu tahun bekerja dan menjalankan banyak program. Kegiatan ini juga dapat diikuti oleh Alumni KeSEMaT.

18. FPT
Fit and Proper Test diperuntukan untuk semua staf kabinet. FPT dimaksudkan untuk memilih kandidat calon Presiden KeSEMaT untuk periode selanjutnya.

19. LPJ
Dalam kegiatan ini disampaikan laporan dari semua departemen KeSEMaT terkait dengan program kerja masing-masing departemen selama satu tahun kepengurusan.

20. RAT
Dalam kegiatan RAT dikaji UUK dan UUDK sebagai pedoman kabinet setahun kedepan.

21. PILPRES
Merupakan kegiatan penting KeSEMaT dimana akan lahir presiden baru yang akan menjabat selama satu tahun kepengurusan.

22. SERTIJAB
Merupakan penyerahan jabatan secara simbolis dari presiden kabinet sebelumnya kepada presiden terpilih sebagai ujung tombak kepemimpinan.

23. DIKNET
Diklat Kabinet merupakan kegiatan diklat mengenai keorganisasian dan kepemimpinan sebagai bekal KeSEMaTER membentuk kabinet baru.

Selain program-program di atas, masing-masing Departemen KeSEMaT juga memiliki programnya masing-masing, seperti KeSEMaTMENTORING (KM), KeSEMaT Family Day (KFD), KeSEMaTSPORT (KS) dan masih banyak lagi. Semua program saling bersinergi satu dengan yang lainnya, demi mewujudkan kolaborasi yang harmonis untuk penyelamatan ekosistem mangrove di Indonesia dan dunia. (ADM).