KeSEMaT menerima kunjungan site visit dari organisasi, komunitas atau instansi Anda ke area kerja kami dengan tujuan untuk saling bekerja sama, bersilaturahmi dan bersama-sama belajar dan mengembangkan ilmu dan pengetahuan mangrove di Indonesia bahkan dunia.

Kami akan membawa Anda mangroving ke lokasi-lokasi mangrove di Semarang, Demak, Jepara, Rembang, Tuban dan kota-kota di Pantura Jawa lainnya, bertemu dengan kelompok masyarakat peduli mangrove yang menjadi afiliasi kami. Beberapa lokasi yang akan Anda kunjungi, diantaranya adalah:

1. Semarang Mangrove Center (SMC): Sentra Mbak Jamat dan Mas Bamat di Semarang.
Anda akan kami ajak untuk berkunjung ke tempat dua warga kelompok binaan kami, yang berhasil mengembangkan jajanan mangrove dan batik mangrove di Mangkang Wetan dan Mangunharjo, Semarang.

Di sini, Anda akan belajar mengenai bagaimana caranya mengembangkan warga pesisir agar dapat meningkatkan pendapatannya dengan cara memanfaatkan mangrove secara bijak.

Di Sentra Mbak Jamat dan Mas Bamat, Anda juga akan melihat secara langsung bagaimana caranya mangrove diolah menjadi jajanan dan batik mangrove, dan tentu saja Anda dapat membelinya untuk oleh-oleh.

2. Konsorsium Kelompok Kerja Mangrove Kota Semarang (KKMKS) dan Kelompok Kerja Mangrove Daerah (KKMD) Jawa Tengah.
Anda juga akan kami ajak untuk berkunjung ke Kantor KKMKS dan KKMD, dimana semua penggiat mangrove di Semarang dan Jawa Tengah, berkumpul di sini.

Forum KKMKS dan KKMD terbukti mampu menjembatani antar stake holder yang berseberangan agar dapat berjalan beriringan mengelola mangrove secara sinergi.

Pengalaman kami dalam menginisiasi terbentuknya KKMKS dan KKMD dapat Anda aplikasikan di kota Anda masing-masing, mengingat pengelolaan mangrove bukan hanya menjadi tanggung jawab satu pihak saja, melainkan memerlukan konsep kerja sama lintas sektoral.

3. Lokasi Proyek Hybrid Engineering di Demak.
Bekerja sama dengan Wetlands International di Belanda dan Indonesia, kami telah mengimplementasikan proyek Hybrid Engineering (HE) di Timbul Sloko, Demak.

Kami akan mengajak Anda mengunjungi lokasi proyek HE dengan tujuan mempelajari konsep HE sebagai sebuah metode baru dalam mengatasi abrasi pantai yang ramah lingkungan.

HE juga akan mengajarkan kepada Anda bahwa aktivitas penebangan hutan mangrove menjadi tambak, daerah industri, reklamasi pantai dan peruntukan lainnya adalah sangat merugikan.

Anda akan belajar dan bertemu langsung dengan warga Demak yang desanya dijadikan lokasi percontohan HE, yang dapat Anda jadikan sebuah bekal untuk pengelolaan mangrove di lokasi Anda, masing-masing.

4. Mangrove Education Center of KeSEMaT (MECoK) di Jepara.
Kami berhasil membuat sebuah hutan mangrove yang merupakan hasil dari penanaman kembali, melalui program Mangrove REpLaNT yang kami jalankan setiap tahun, mulai dari tahun 2003 sampai dengan sekarang.

Kami akan mengajak Anda untuk menelusuri MECoK, dengan tujuan untuk belajar bersama mengenai konsep pembangunannya, yang semoga saja bisa diaplikasikan di daerah Anda, masing-masing.

Selain lima lokasi di atas, bila dimungkinkan kami dapat mendampingi Anda untuk berkunjung ke Rembang, Tuban dan lokasi lainnya di area kerja kami. Berkunjung ke pusat olah-oleh di Semarang, seperti Simpang Lima bersama kami, tentu saja akan menjadi sebuah site visit yang tak akan terlupakan.

Tunggu apalagi, apabila Anda tertarik untuk mengadakan site visit ke area kerja kami, dipersilahkan untuk langsung mengirimkan email kepada kami di kesemat@gmail.com dengan subjek: Site Visit. Kami tunggu, ya. (MM).