Pada tanggal 24 Agustus 2010, tepat pukul 18.00 WIB, KeSEMaT kembali berinovasi untuk mempopulerkan kampanye mangrovenya ke masyarakat Indonesia dan dunia, dengan kembali membangun jaringan afiliasi mangrovenya, yaitu KeSEMaTOKO.
KeSEMaTOKO yang memiliki jargon “Toko Mangrove Online, Tempat Belanja Suvenir Mangrove Khas KeSEMaT” ini, sengaja diluncurkan dengan tujuan untuk memenuhi banyaknya permintaan dari masyarakat luas yang menginginkan adanya sebuah wadah khusus, dimana mereka bisa dengan cepat dan mudah mendapatkan suvenir-suvenir mangrove khas KeSEMaT.
Sejarah
Peluncuran KeSEMaTOKO, yang diawali dengan penjualan Koleksi Kaos Mangrove KeSEMaT ini, berarti juga akan memberikan kesempatan kepada masyarakat Indonesia dan dunia yang berniat memberikan donasinya kepada mangrove, sekaligus yang berkeinginan untuk turut serta bersama-sama dengan KeSEMaT, didalam menjaga kelestarian ekosistem mangrovenya, karena hasil dari penjualan Koleksi Kaos Mangrove KeSEMaT ini, sebagian besar akan didonasikan untuk membiayai program konservasi, penelitian, pendidikan, kampanye dan dokumentasi mangrove KeSEMaT, demi menjaga kelestarian ekosistem mangrove di Indonesia dan dunia.
Untuk sementara, karena masih dalam taraf “pembangunan”, saat itu koleksi yang dihadirkan di KeSEMaTOKO hanyalah kaos, batik, jajanan, lettering dan gelang mangrove saja. Namun demikian, seiring dengan berjalannya waktu, KeSEMaT akan terus menambahkan koleksi suvenir mangrovenya yang lain, seperti pin, mug, stiker, topi, gantungan kunci, kalender dan lain-lain.
Perkembangan
Saat ini, KeSEMaTOKO terus berkembang dan terus mengembangkan produk dan jasa mangrove yang bertujuan untuk mengkampanyekan pelestarian mangrove ke ruang lingkup yang lebih luas. Usaha ini tetap berpegang teguh pada konservasi mangrove sehingga tidak mengeksploitasi mangrove, namun mengkampanyekan usaha penyelamatannya.
Konsep pengembangan KeSEMaTOKO tetap sama, yaitu Toko Mangrove KeSEMaT, tempat dijualnya beragam pernak-pernik khas mangrove, seperti kaos, kuliner, batik, suvenir, buku dan lain-lain. KeSEMaTOKO yang berpusat di Kantor KeSEMaT ini, sekaligus berperan sebagai wadah fundraising KeSEMaT yang berfungsi sebagai penyokong dana bagi pembiayaan program kerja KeSEMaT, baik intern, ekstern, maupun insidental.
Toko Mangrove KeSEMaT ini, juga menjadi ajang pembelajaran bagi KeSEMaTER dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan sosial karena KeSEMaTOKO dikelola langsung oleh departemen KeSEMaT, yaitu Departemen Wirausaha.
Bagi Anda yang berminat membeli produk-produk mangrove KeSEMaTOKO, dapat berbelanja langsung melalui menu SHOP/TOKO pada website ini.
Saat ini, KeSEMaTOKO bekerja sama dengan salah satu afiliasi mangrove KeSEMaT yang fokus pada Jual Beli Online Produk Mangrove, yaitu CV. KeSEMaT Mangrove Indonesia (CV. KeMANGI). Kerja sama ini meliputi produksi dan pengadaan barang, bantuan penjualan, studi tentang wirausaha sosial dan lingkungan dan lain-lain.