Mangrove Is Lifestyle (MIL) adalah sebuah program kampanye mangrove KeSEMaT, dimana kami menjadikan mangrove sebagai sebuah lifestyle atau gaya hidup. Kampanye MIL dilatarbelakangi dari semakin rusaknya ekosistem mangrove di Indonesia dan dunia, yang berjalan sangat cepat.
Parahnya, antisipasi terhadap kondisi ini terasa masih sangat lambat, dimana hanya dilakukan dengan cara memperbanyak program rehabilitasi mangrove tanpa dibarengi dengan perubahan pola pikir masyarakat sekitar tapak terhadap fungsi dan manfaat mangrove bagi kehidupan manusia di masa mendatang.
Diperlukan sebuah tindakan nyata untuk mengantisipasi kondisi ini, dimana aksi penyuluhan, pembibitan, penanaman dan pemeliharaan mangrove saja, tidak cukup. Dibutuhkan perubahan pola pikir yang sangat radikal, yaitu dengan cara menjadikan mangrove sebagai sebuah gaya hidup. Dengan demikian, maka mangrove akan terus melekat dalam pikiran di setiap aktivitas kita sehar-hari.
Mulai dari bangun tidur, hingga kembali terlelap, aktivitas keseharian kita dapat diselaraskan dengan mangrove, dan kami sudah memulainya.
Untuk itulah, kami mengkampanyekan mangrove melalui banyak cara dan media, diantaranya melalui batik, kuliner, musik, pemetaan, komik, majalah, pageant, distro, film, web series, anak-anak, buku, natprod, crowdfunding, komunitas, e-commerce, dan lain-lain.
Bangganya, berkat program MIL ini, maka KeSEMaT berhasil mendapatkan banyak penghargaan dari dalam dan luar negeri, salah satunya penghargaan dari Yayasan KEHATI untuk kategori Tunas Lestari Kehati di KEHATI Award yang dianugerahkan di awal tahun 2015.
Kami mengimplementasikan MIL sesuai dengan motto kami, juga brand mangrove kami, dimana di setiap lini kehidupan kami, selalu terkait dengan mangrove.